Kamis, 28 Desember 2017

Debat

Pengertian


Debat ialah dua pihak yang saling bertukar pendapat dengan mengemukakan berbagai alasan dan memiliki sudut pandang yang berbeda.

Unsur Debat

        Mosi
=> Topik atau pokok pembicaraan yang mengandung hal hal yang bersifat kontroversial (ada pihak pro dan kontra). Mosi sangatlah penting dalam debat dan biasanya menggunakan kalimat opini.
        Moderator
=> Seseorang yang memiliki tugas untuk mengatur jalannya debat, membacakan tata tertib debat, memperkenalkan pembicara baik tim pro maupun tim kontra, dan menyampaikan latar belakang atas mosi yang dibicarakan.
        Tim afirmasi/pro
=> Kelompok yang menyetujui atau mendukung atas mosi yang disampaikan.
        Tim oposisi/kontra
Þ    Lawan dari tim afirmasi ialah tim oposisi yakni kelompok yang tidak menyetujui atau tidak mendukung atas mosi yang disampaikan
        Penulis/notulis
=> Notulis adalah seseorang yang bertugas mencatat jalannya debat dan menyampaikan hasil dari pelaksanaan debat.
        Tim netral
=> Tim yang tidak mendukung atau menolak mosi. Tim netral berada di tengah-tengah.
        Penonton/juri yang di panggil
penonton atau juri adalah orang yang memberikan penilaian dan mengikuti jalan debat

Ragam Bahasa Debat

Sebagai sebuah kegiatan ilmiah, debat dilakukan untuk menghindari salah tafsir, baik dalam penggunaan ragam bahasa tulis maupun lisan, kelengkapan, kecermatan, dan kejelasan pengungkapan ide harus diperhatikan.
  1. Kaidah bahasa indonesia yang digunakan harus benar sesuai dengan kaidah bahasa baku, baik kaidah tata ejaan maupun tata bahasa (pembentukan kata, frasa, klausa, kalimat, dan paragraf).
  2. Ide yang diungkapkan harus benar sesuai dengan fakta dan padat diterima akal sehat (logis), harus tepat, dan hanya memiliki satu makna, padat, langsung menuju saran, runtut, dan sistematis.
Kata yang dipilih memiliki makna yang sebenarnya (denotatif).


Mekanisme Debat

Kegiatan dalam debat secara garis besar dapat dibagi menjadi :
  1. Pembuka oleh moderator                                                                                                     Dalam bagian pembuka ini moderator membuka debat, menjelskan mosi, memperkenalkan tim dan angggota tim debat, serta membacakan tata tertib debat.
  2. Penyampaian pernyataan topik.                                                                                                  Pada bagian ini juru bicara tiap tim menyampaikan pendapatnya terhadap mosi. Pernyataan topik ini dilakukan secara bergantian tanpa ada tanya jawab atau interupsi dari tim lain.
  3. Pelaksanaan debat                                                                                                                   Pada bagian ini setiap tim diberi kesempatan memberikan komentar atau mendebat pendapat tim lain. Tim yang didebat harus mempertahankan pendapatnya dengan menyampaikan argumen yang mendukung.
  4. Simpulan                                                                                                                                    Pada bagian ini setiap tim menyampaikan simpulannya terkait mosi setelah mendengar pendapat dan menerima sanggahan dari tim lain.
  5. Penutup                                                                                                                                        Pada bagian ini moderator menutup kegiatan diskusi. Biasanya berisi ringkasan, bukan simpulan karena dalam debat seringkali tidak terjadi titik temu untuk menyepakati suatu permasalahan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Protista Lengkap : Pengertian, Ciri-ciri, Klasifikasi, Strulktur, Cara Reproduksi, Gambar, Peranan

Protista Pengertian Protista Kingdom Protista adalah makhluk eukariotik paling sederhana, tetapi lebih kompleks dalam hal struk...